Rukun Iman dan Rukun Islam

Rukun Iman dan Rukun Islam – Sebagai seorang muslim tentunya penting untuk mengetahui pengertian rukun iman dan rukun islam agar kita dapat mengambil pelajaran darinya. Setidaknya ada beberapa hal yang perlu dipahami, karena merupakan salah satu rukun syariah.

Iman yang sempurna adalah percaya dalam hati, berbicara, dan berlatih dengan tindakan.

Menurut Imam Malik, Syafii, Ahmed, Al Ozai, dan Ishak bin Rahawi, iman diperluas dengan hati, diakui dengan lisan, dan diamalkan melalui anggota badan. Bahkan, mereka menganggap amal sebagai unsur iman.

Yang dimaksud rukun iman adalah keyakinan bahwa para nabi dan rasul adalah utusan Allah SWT, yang diperintahkan untuk menyampaikan kabar gembira dan ancaman bagi umat manusia di muka bumi.

Ada 6 poin penting yang perlu diketahui terutama oleh umat Islam.

  1. Iman kepada Allah SWT.
  2. Iman kepada para Malaikat.
  3. Iman kepada kitab-kitab Allah SWT.
  4. Iman kepada Nabi dan Rasul.
  5. Iman kepada hari akhir (kiamat)
  6. Iman kepada Qada dan Qadar.

Kepercayaan terkait 6 pembahasan yang ada dalam rukun iman merupakan suatu keharusan untuk mempercayainya. Hal ini berkaitan dengan akidah serta ketauhidan, karena sebagai muslim dilarang untuk mengimani Tuhan selain Allah SWT.

1  Pengertian Iman kepada Allah SWT

Urutan yang pertama adalah iman kepada Allah SWT menjadi dasar dari iman karena sebagai umat Islam harus mengakui keesaan Nya. Dia merupakan pencipta di alam semessta, penguasa langit maupun bumi serta Tuhan yang wajib disembah dengan sifat tidak beranak dan tidak diperanakkan.

2  Pengertian Iman Kepada Malaikat

Malaikat merupakan makhluk Allah yang diciptakan dari nur/ cahaya dan tidak diberikan nafsu. Oleh karenanya mereka selalu taat pada segala perintah serta ketetapan. Meskipun tidak terlihat sebagai manusia harus meyakini keberadaannya dengan tugas tersendiri.

3. Pengertian Iman kepada Kitab Allah SWT

Allah menjelaskan ajaran-Nya melalui kitab diturunkan kepada para Rasul melalui perantara malaikat. Ajaran di dalamnya harus disampaikan kepada umat manusia yang mengimaninya secara utuh tanpa adanya kelalaian, ada banyak umat terdahulu terkena azab karena kelalaiannya.

4. Pengertian Iman kepada Nabi dan Rasul Allah SWT

Jumlah nabi dan rasul wajib diketahui yaitu sekitar 25 yang diturunkan pada umat dengan karakteristik masing-masing. Setidaknya terdapat 4 kitab suci diturunkan kepada mereka untuk bekal mengajarkan tauhid dengan meyakini bahwa Allah merupakan Tuhan wajib disembah.

5. Pengertian Iman kepada Hari Akhir (Kiamat)

Hari akhir adalah hal nyata yang sering diingkari oleh manusia. Sebagai seorang Muslim maka mereka wajib mengimani untuk menunjang semangat dalam beribadah serta sebagai bukti bahwa hari pembalasan benar adanya dan seluruh manusia harus mempertanggung jawabkan perbuatannya.

6.  Pengertian Iman kepada Qadha dan Qadar

Takdir sendiri terbagi menjadi dua yaitu tetap, sebagai contoh yaitu kematian, jodoh, dan rezeki. Bagian kedua adalah dapat diubah dengan berusaha serta berdoa kemudian diiringi ketaqwaan. Manusia perlu meyakininya sebagai rujukan bahawa semua atas kehendak dan kuasa Allah.

Pengertian Rukun Islam

Rukun Islam sendiri diartikan sebagai perbuatan atau amalan yang bentuk fisik dan diyakini dapat menjadi perantara untuk masuk ke surga nantinya.

Bagi umat Islam di seluruh dunia diwajibkan untuk memahami serta melaksanakan beberapa diantaranya dengan syarat dan ketentuan.

Umumnya pelajaran terkait hal ini diajarkan mulai dari tingkat SD sampai SMA sederajat. Hal ini menandakan bahwa rukun Islam memiliki peran penting dalam kehidupan. Penting Anda ketahui bahwa sebelum mengamalkannya sebaiknya mengetahui terkait ketentuannya. Rasulullah bersabda:

5 Rukun Islam

1. Pengertian Syahadat

Hal pertama yang harus dilakukan sebelum masuk Islam adalah syahadat atau persaksian. Disamping itu perlu mengetahui maknanya agar dapat mengamalkan secara benar. Umumnya sebagian masyarakat menggunakan sebagai amalan harian.

2. Pengertian Shalat

Rukun Islam yang wajib dilakukan selanjutnya adalah melaksanakan shalat. Dikutip dari KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) adalah ibadah yang harus dilakukan oleh muslim mukalaff dengan syarat, rukun dan bacaan tertentu di mulai dari takbir dan diakhiri dengan salam.

3. Pengertian Zakat

Zakat merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan oleh masyarakat yang beragam Islam setiap bulan Ramadhan dengan syarat dan aturan pengerjaan yang sudah ditetapkan. Takarannya sendiri ditetapkan agar tidak memberatkan umat sehingga banyak yang melaksanakannya.

4. Pengertian Puasa

Menjalankan ibadah puasa pada Bulan Ramadhan merupakan ibadah wajib yang harus dilaksanakan setiap tahunnya. Agar tidak salah dalam memahaminya ada baiknya mengetahui terkait ketentuan dan pembahasan yang melatar belakanginya karena menjadi penentu keabsahannya.

5.  Pengertian Naik Haji

Rukun Islam yang terakhir adalah menunaikan ibadah haji bagai yang mampu. Sebenarnya pelaksanaannya sangat dianjurkan, namun melihat keadaan umat Manusia yang bermacam-macam sehingga menjadikan hukumnya dibolehkan sampai dilarang jika akan menimbulkan kemudaratan.

Source : https://kangsantri.id/

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *