Ini Kelebihan Mobil Listrik Tesla Dibanding Mobil Lain

Tren mobil listrik Indonesia kembali tinggi, karena selain disempurnakan, mobil ini tentunya ramah lingkungan. Namun, tidak semua kendaraan listrik memenuhi standar. Nah, jika kita berbicara tentang mobil listrik tanpa membicarakan Tesla, tidaklah lengkap. Dibandingkan dengan kendaraan listrik lainnya, apa saja keunggulan kendaraan listrik Tesla?

1. Memiliki Baterai Tahan Lama
Saat memiliki mobil listrik ini, perhatian utama adalah saat dikendarai lagi, baterainya habis. Maklum, karena semua mobil listrik ini menggunakan baterai, dan belum banyak stasiun yang bisa mengisi baterai tersebut. Tidak seperti ada pompa bensin umum (SPBU) setiap satu kilometer. Untuk tujuan ini, Tesla membuat kapasitas baterainya sangat efisien dan sangat tahan lama. Jika Anda tidak yakin, coba tinjau tes baterai yang telah dilakukan pada Tesla:

* Baterai Tesla dirancang untuk bertahan hingga 1,6 juta kilometer
* Sekali pengisian daya dapat menempuh jarak 827 km dengan kecepatan rata-rata 72 km / jam

Ini didasarkan pada data 2020 yang disediakan oleh Tesla. Oleh karena itu, Tesla berhasil meninggalkan para pesaingnya. Kendaraan listrik biasa hanya mampu menempuh jarak 250 hingga 450 kilometer. Tesla hampir dua kali lipat, lho! Oleh karena itu, sangat aman untuk menggunakan Tesla, dan tidak perlu khawatir akan terjadi tabrakan karena daya baterai yang tidak mencukupi di jalan.

2. Branding Kuat
Sebagus apapun Tesla, jika mereknya tidak bagus sudah pasti tidak seperti itu. Ya, selain produknya sangat bagus, tentunya apakah produk ini masih membutuhkan hak pemasaran? Inilah peran sistem merek ini. Setelah itu, Tesla juga menghadirkan pembicara eksentrik dan super populer yaitu Elon Musk. Selain Elon, banyak juga brand atau brand yang sukses karena memiliki selebriti, seperti:

* Apple dengan Steve Jobs
* Microsoft dengan Bill Gates
* Beats Electronic dengan Dr. Dre

Selain itu, Tesla juga memiliki image yang bagus di mata publik. Sebelum Tesla, mobil listrik dianggap tidak praktis karena tidak terlihat tahan lama, dirancang dengan buruk, dan lambat. Tesla telah secara permanen mengubah citra mobil listrik menjadi mobil futuristik ultra-presisi dan berkecepatan tinggi, dan bahkan Tesla telah membangun mobil supernya sendiri. Inilah salah satu keunggulan kendaraan listrik Tesla.

3. Kecerdasan Buatan di Tesla
Tesla disebut sebagai mobil presisi, dan itu bukan hanya nama panggilan yang keren. Tesla juga merupakan salah satu pelopor kecerdasan buatan (AI) di kendaraan listrik. Jika tidak, sangat disayangkan, karena pemilik Elon Musk adalah salah satu pionir teknologi yang hebat, dan dia juga membangun SpaceX, yang merupakan roket ke Mars. Tesla telah mengembangkan autopilot, yang berarti dia dapat bergerak sendiri tanpa ada yang mengemudi. Ini memang akan mengalahkan Google, dan Google telah mengembangkan teknologi ini beberapa tahun yang lalu, namun masih belum jelas sampai sekarang. Bagaimana cara kerja teknologinya? Silakan lihat yang berikut ini:

* Tesla akan membuat sensor yang dapat membaca radius hingga 100 m untuk membaca objek di sekitar mobil
* Gunakan Tesla Vision, yaitu kamera yang dapat membantu sensor mobil menjadi lebih akurat
* Menggunakan sistem navigasi yang dapat membaca peta 2D atau 3D, sehingga Anda tidak akan tersesat

Oleh karena itu, pada dasarnya, tidak ada pengemudi yang perlu melakukan operasi apa pun untuk mengemudikan Tesla. Namun masih ada sistem keamanan. Jika terjadi sesuatu, Tesla akan menambahkan sistem pengereman darurat. Kabar baiknya, fungsi mengemudi otonom akan tersedia mulai awal 2021 dengan biaya berlangganan US $ 10.000 (sekitar 142 juta rupee). Mungkin menjadi salah satu kelebihan mobil listrik Tesla yang lain, bukan?

4. Software Update 
Sama seperti software komputer atau aplikasi di handphone, software di mobil Tesla ini juga akan terus diupdate. Mungkin kita jarang mendengar kabar ini di dalam mobil, bukan? Namun, mobil dengan teknologi canggih juga harus memiliki perangkat lunak yang diperbarui secara berkala agar dapat menyamai teknologi terkini. Misal pada Juli 2020, Tesla melakukan 7 update software baru yaitu:

* Improved traffic light and stop sign control
* Backup camera improvements
* Dashcam viewer improvements
* Walkaway door lock improvements
* TuneIn improvements
* New language support
* Cabin camera

Semua pembaruan ini pasti akan meningkatkan kenyamanan dan pengalaman pengguna Tesla. Ini juga menjadi salah satu kelebihan mobil listrik Tesla, karena pada mobil lain pengembangan software bisa memakan waktu lama atau tidak jauh berbeda dengan software sebelumnya.

Dibandingkan dengan mobil lain, mobil listrik Tesla memiliki 4 keunggulan. Jadi pertimbangkan untuk membeli mobil Tesla? Tenang saja, karena mulai tahun 2020, mobil Tesla sudah resmi dijual di Indonesia. Kalaupun harganya lumayan mahal, tapi kalau harganya mahal tetap worth it! Dan tidak buruk untuk mengurangi polusi, bukan? Sekarang adalah era energi terbarukan, seperti energi matahari.

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *