5 Tips Perawatan Mobil Toyota Agar Tetap Prima

doktermobil.com – Mobil untuk sejuta orang—inilah yang disebut orang sebagai Toyota Avanza. Mobil ini memulai debutnya pada tahun 2003 dan memiliki proporsi penduduk perkotaan dan pedesaan yang relatif besar.

Meskipun ini adalah salah satu model yang paling populer, perawatan kendaraan tentu saja merupakan suatu keharusan.

Karena kendaraan membutuhkan perawatan rutin terlepas dari apakah digunakan atau tidak.

Selanjutnya saya akan menjelaskan bahwa Toyota Avanza setidaknya memiliki beberapa jenis servis yang harus dilakukan oleh beberapa mekanik resmi Tunas Toyota Serang, antara lain:

1. Pemanasan mesin sebelum digunakan

Mesin dipanaskan untuk memastikan terbaik Oli mengalir ke bagian terkecil dari mesin mobil. Waktu pemanasan mesin bervariasi antara 5 dan 10 menit sebelum kendaraan akhirnya dilepas untuk aktivitas.

2. Mengganti oli mesin secara teratur

Oli mesin berfungsi sebagai pelumas di dalam mesin, membuat gesekan bagian dalam mesin menjadi halus dan tanpa benturan. Namun, oli perlu diganti secara berkala setelah beberapa bulan pemakaian agar mesin mobil tetap kuat dan awet.

Hindari penggunaan oli inferior, juga dikenal sebagai oli “murah”, karena oli ini akan memperpendek masa pakai mesin mobil. Yang terbaik adalah menggunakan minyak yang disetujui dengan kualitas yang sangat baik. Oli mesin yang berkualitas tinggi dan mahal dipercaya dapat membuat mesin lebih kuat dan tahan lama.

3. Ganti suku cadang lainnya

Avanza terdiri dari banyak suku cadang, antara lain sistem bahan bakar, oli mesin, timing belt, oli transmisi, minyak rem, dll. Komponen-komponen tersebut juga memerlukan perhatian khusus, karena setiap komponen akan diganti secara berkala, misalnya setahun sekali.

Komponen yang agak tidak nyaman yaitu baterai atau akumulator. Aki mobil dibagi menjadi aki basah dan aki kering. Sistem operasi kedua baterai ini sedikit berbeda. Baterai alkaline lebih lengkap daripada baterai kering. Baterai kering jauh lebih sederhana daripada baterai basah.

4. Membersihkan saringan udara

Penting juga untuk merawat saringan udara pada sistem AC mobil agar debu tidak menumpuk di area saringan. Kabinnya keren dan adem. Kotoran yang menumpuk pada filter udara dapat merusak bagian lain. Selain itu, kinerja kendaraan secara bertahap akan menurun, yang secara langsung mempengaruhi mesin.

5. Jika mobil memudar, catlah.

Mobil yang telah digunakan selama bertahun-tahun memudar. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecatan ulang mobil agar terlihat mulus dan elegan meskipun sudah tua. Selain mengecat mobil, perlu juga membersihkan bagian luar mobil secara menyeluruh, terutama bodi mobil, agar catnya awet dan tahan cuaca.

Next Post

No more post

You May Also Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *